hit
                counter
Badan Geologi - Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan

Berita Sosialisasi Kegiatan Program PETRA (UNDP) Untuk Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Pasca Bencana Di Provinsi NTB

Sosialisasi Kegiatan Program PETRA (UNDP) untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca bencana di Provinsi NTB


Mataram (12/9), sosialisasi program PETRA dihadiri Badan Geologi, instansi terkait dan mitra pembangunan untuk membahas rehabilitasi dan bantuan rekontruksi infrastruktur pasca bencana di Nusa Tenggara Barat.
Menanggapi gempabumi dan tsunami Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat, UNDP telah memprakarsai Program Sulawesi / Lombok untuk bantuan rekontruksi infrastruktur gempabumi dan tsunami (PETRA) Sosialisasi Kegiatan Programme for Earthquake and Tsunami Infrastructure Reconstruction Assistance (PETRA) untuk mendukung program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Sulawesi Tengah dan NTB.
Sosialisasi program PETRA yang diselenggarakan UNDP Indonesia (12/9) di Kota Mataram, Lombok dihadiri Dr. Sri Hidayati (PVMBG) dan Taufiq Wira Buana ST, MT (PATGTL), perwakilan BNPB, BAPPENAS, Sekretariat IMDFF-DR, Pemerintah Provinsi NTB, Pemda Lombok Utara, Pemda Lombok timur dan mitra pembangunan dalam pemulihan paska bencana
Untuk NTB dialokasikan 13 lokasi untuk bantuan insfrastruktur bidang kesehatan dan pendidikan Program ini membutuhkan saran teknis dari badan geologi. Untuk melakukan assesment terhadap kelayakan tapak yang akan dibangun dengan pendanaan ini.
Badan geologi telah melakukan assesment pendahuluan tanggal 2 – 6 September 2019 yang hasilnya disosialisasikan dalam pertemuan, fokus pada 13 lokasi yang tersebar di Lombok Utara dan Timur. Selain itu, para peserta rapat antusias mendiskusikan masalah kondisi geologi dan kebencanaan di Pulau Lombok baik yang berkaitan dengan masalah infrastruktur bangunan baik ketika tahap rehabilitasi dan rekonstruksi maupun di masa mendatang.

Oleh : Taufiq Wira Buana dan Dita Arif Yuwana