Berita Keikutsertaan Pameran Lombok Expo
Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan pulau terbesarnya Lombok dan Sumbawa, memiliki kekayaan budaya yang atraktif dan variatif sehingga sangat prospektif bagi pengembangan keparawisataan. Karakteristik budaya yang multietnik dengan tiga suku utamanya Sasak di Pulau Lombok, Samawa di bagian tengah hingga barat Pulau Sumbawa dan Mbojo di bagian tengah hingga timur Pulau Sumbawa, serta diperkuat dengan budaya etnik Bali, Jawa, Melayu, Bugis, Timor, Banjar, China, Arab, menjadikan Nusa Tenggara Barat ibarat miniatur Indonesia dan mozaik budaya nusantara.
Panorama alam dari puncak pegunungan, lembah dan ngarai serta hamparan lahan pertanian yang mempesona, hingga bentangan pantai, laut dan gugusan terumbu karang yang masih lestari, menjadi kekuatan lain untuk menarik kunjungan wisatawan. Selain mengandalkan wisata berbasis budaya dan mengandalkan panorama alam, sebagai sebuah destinasi, Nusa Tenggara Barat memliki daya saing untuk kegiatan wisata yang bersifat spesifik, seperti menyelam, arum jeram, pendakian, ziarah ritual, dan penelusuran gua.
The 4th Lombok Sumbawa Inafact 2015 ini sebagai core event pameran nasional dan mensosialisasikan pembangunan/potensi daerah Lombok Sumbawa kepada masyarakat.
Maksud dan tujuan Pameran The 4th Lombok Sumbawa Inafact 2015 merupakan pameran terpadu sekaligus ajang promosi yang efektif untuk memperkenalkan hasil pembangunan daerah, layanan publik, peluang investasi, pariwisata, industri kreatif, kerajinan nasional dan produk unggulan lainnya. Diharapkan pada pameran ini dapat meningkatkan perekonomian daerah dan sebagai entry point mencari solusi atas permasalahan investasi dan pemasaran yang dihadapi pengusaha, pengrajin maupun produsen.
Pameran The 4th Lombok Sumbawa Inafact 2015 ini dibuka oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan Bapak Drs. Faisal, Pameran The 4th Lombok Sumbawa Inafact 2015 ini merupakan sarana promosi informasi yang efektif dan strategis untuk menampilkan pameran layanan publik, Pameran Investasi dan Potensi Daerah, Pameran Industri Kreatif, Pameran Produk Unggulan dan UKM, Pariwisata dan Budaya, Pameran Agro dan Food, Pameran Kerajinan Nasional, Aneka Lomba dan Hiburan Lainnya.
Melalui pameran, Badan Geologi khususnya Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan dapat menunjukkan eksistensi dan kemampuannya sebagai lembaga rujukan dan penyedia informasi bidang geologi kepada masyarakat. Hal tersebut memiliki dampak positif untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan penelitian guna mencapai visi dan misi organisasi.
Dalam pameran ini, keikutsertaan Badan Geologi yang diwakili oleh Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai peran Badan Geologi sebagai lembaga penelitian dan pelayanan masyarakat serta memberikan informasi dan edukasi di bidang geologi. Selain itu, Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan juga berperan dalam mensosialisasikan gerakan hemat air tanah, mempublikasikan Badan Geologi kepada masyarakat luas, menginformasikan bidang geologi lingkungan, geologi teknik dan air tanah serta sebagai penyedia sarana air bersih. Untuk diketahui, Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan juga ikut berperan dalam penyediaan air bersih di daerah sulit air.
Dengan partisipasi dalam pameran tersebut, maka informasi tentang geologi khususnya bidang air tanah, geologi teknik dan geologi lingkungan dapat tersampaikan ke masyarakat luas. Sehingga organisasi dapat meningkatkan pelayanan dan penelitian.
Tahapan kegiatan pada saat pameran meliputi :
Pameran dibuka untuk masyarakat dan semua kalangan, dimulai pada pukul 10.00 s/d 22.00 WIB di Mataram Mall Kota Mataram. Pelaksana pameran terdiri dari petugas di unit Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan. Untuk materi display dan publikasi meliputi Brosur, Poster Pendidikan Tentang Asal-Usul Air Tanah, Poster Pendidikan Tentang Gerakan Hemat Air Tanah, Buku Profil Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan, CD Peta Cekungan Air Tanah Indonesia dan CD Kawasan Peruntukan Pertambangan. Selain yang telah disebutkan di atas, materi poster lain terdiri dari :
Souvenir yang dibagikan :
- Poster Asal Usul Terbentuknya Air Tanah;
- Leaflet Gerakan Hemat Air Tanah;
- Buku Katalog Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan;
- Buku Profil Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan;
- Buku Manajemen Air Tanah Berbasis Cekungan Air Tanah;
- Buku Banjir Bandang Indonesia;
- Buku Katalog Peta Kegeologian;
- Buku Kumpulan Abstrak Geologi Tata Lingkungan;
- Buku Warisan Geologi Pulau Belitung;
- Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi;
- CD Peta Atlas Cekungan Air Tanah Indonesia
- CD Peta Atlas Sebaran Batu Gamping di Indonesia;
- Gantungan Kunci bolak balik berlogo;
- Gantungan Kulit Berlogo;
- Payung Berlogo;
- Kalender Tahun 2016 Berlogo;
- Pulpen Berlogo;
- PIN Gerakan Hemat Air Tanah.
Profil Peserta Stand Pameran
- Kementerian-Non Kementerian Pusat
- Pemerintah Provinsi
- Pemerintah Kabupaten/Kota
- BUMN, BUMD dan BUMS
- Organisasi dan Lembaga Terkait
- Badan Usaha Perdagangan, Industri dan Jasa
- UMKM dan Usaha Mikro Lainnya
Profil Pengunjung Stand Pameran
- Pejabat Pusat dan Daerah
- TNI dan POLRI
- Pegawai Negeri Sipil
- Biro Perjalanan dan Pariwisata
- Badan Usaha Perdagangan, Industri dan Jasa
- Siswa dan Siswi
- Mahasiswa/Perguruan Tinggi
- Masyarakat Umum