hit
                counter
Badan Geologi - Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan

Berita Geologi Lingkungan Untuk Mendukung Penataan Ruang

Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan – Badan Geologi, menyelenggarakan kegiatan Bimtek Geologi Lingkungan. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 11 Juni 2013 di Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan peserta berasal dari dinas terkait di Propinsi Nusa Tenggara Barat, seperti Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas PU dan Bappeda Propinsi serta Kabupaten/Kota.

Acara Dibuka oleh Kepala Pusat Sumberdaya Air Tanah  dan Geologi Lingkungan serta Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ir. Muhamad Husni, MSi. Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Geologi, besar harapan agar kedepannya kegiatan bimtek ini dapat menciptakan kerjasama yang baik antara Badan Geologi dengan dinas setempat,  serta informasi dari pusat dapat membantu dalam penataan ruang  di daerah mereka.

Bimtek yang diselenggarakan Badan Geologi kali ini bertemakan “Geologi Lingkungan Untuk Mendukung Penataan Ruang”. Diharapkan bimtek ini dapat membantu dalam memberikan informasi serta membantu terbentuknya tata ruang yang baik di Provinsi NTB.

Paparan presentasi yang di paparkan oleh narasumber menampilkan materi “Kebijakan Sektor ESDM dan Permasalahan Dalam Penataan Ruang di Provinsi Nusa Tenggara Barat”, oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi yang diwakili oleh Kepala Bidang Geologi dan Sumber Daya Mineral Ir. I Gede Tartar Sutaryana., “Informasi Geologi Lingkungan Untuk Penataan Ruang” Oleh Ir. Aminul Wahib, MSc., “Implementasi Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral Dalam Penataan Ruang”, oleh Ir. Rustam., “Kawasan Strategis Nasional Rinjani dan Kaitannya dengan Geologi Lingkungan”,oleh Ir. Adang Perwira Kusuma, MSc.

Peserta yang hadir memberikan tanggapan yang beragam akan materi yang di bawakan narasumber, banyak pertanyaan–pertanyaan yang muncul sehingga memberikan ragam dalam pemahaman akan penataan ruang ini. Kegiatan bimtek ini diapresiasi dengan baik oleh peserta, karena dengan adanya bimtek ini peserta dari daerah semakin mengerti akan pentingnya penataan ruang di wilayahnya masing-masing. Dalam Kegiatan Bimtek ini juga dipamerkan poster-poster tentang penyelidikan geologi lingkungan serta penyerahan beberapa publikasi Badan Geologi kepada Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTB serta seluruh peserta bimtek.

Kontributor berita:

Sopyan Setiadi dan Sarwondo-PAG