hit
                counter
Badan Geologi - Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan

Berita Demak Dan Kudus Menerima Tambahan 6 Sumur Bor Air Bersih Oleh Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Untuk Mengatasi Sulit Air Bersih

Sekretaris Badan Geologi Mewakili Menteri ESDM,, Antonius Ratdomopurbo (Purbo) pada Rabu meresmikan 4 unit sumur bor untuk 4 Desa di Kabupaten Demak dan 2 unit sumur bor di Kabupaten Kudus. Desa di Demak tersebut yaitu Desa Trimulyo, Kec. Guntur, Desa Sarirejo, Kec. Guntur, Desa Wringinjajar, Kec. Guntur dan Desa Sumberejo, Kec. Mranggen. Sementara di Kudus, 2 unit sumur bor diserahkan untuk 2 desa yakni Desa Karangbener, Kec. Bae dan Desa Berugenjang, Kec. Undaan.

Kabupaten Kudus, lanjut Antonius, telah berhasil dibangun sebanyak 9 unit sumur bor oleh Badan Geologi. Jumlah tersebut dapat menghasilkan produksi air bersih mencapai 483.356 m3 per tahun yang dapat dimaanfaatkan oleh 22.378 jiwa penduduk.

"Di kabupaten Demak sendiri hingga saat ini telah dibangun 13 unit sumur bor dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 823.945 m3 per tahun, dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk sebanyak 38.146 jiwa penduduk," papar Purbo.

Kabupaten ini yang masih sulit mengakses air bersih, Antonius mengatakan bahwa pada tahun 2019 Badan Geologi telah mentargetkan akan menambah masing-masih 2 sumur bor untuk Kabupaten Demak dan Kudus.

Sumur bor yang akan di bangun pada tahun depan untuk Kabupaten Demak akan berada di Desa Banyumeneng, Kec. Mranggen dan Desa Pidodo, Kec. Karangtengah. Sedangkan Kabupaten Kudus salah satunya akan di bangun di Desa Bulungkulon, Kec. Jekulo.

Badan Geologi di Tahun 2019 membangun sumur bor di 650 titik pemukiman penduduk yang sulit air.

Sampai dengan akhir tahun 2018, Badan Geologi Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2288 unit sumur bor tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m3/tahun, yang dapat melayani sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa. Sumur bor tersebut tersebar di 33 provinsi dan 312 Kabupaten.