hit
                counter
Badan Geologi - Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan

Berita Bimbingan Teknik Geologi Teknik Propinisi Nusa Tenggara Timur

Badan Geologi menyelenggarakan Bimbingan Teknik dengan tema ”Geologi Lingkungan Untuk Mendukung Penataan Ruang”. Kegiatan ini diselenggarakan bertempat di Swiss Berlin Hotel, Kupang pada tangga l4 Juni 2013 dengan narasumber dari Pusat Sumber Daya Air Tanah danGeologi Lingkungan dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral PropinsiNusa Tenggara Timur.Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari Dinas dan instansi terkait di lingkungan Propinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten/Kota di Propinsi Nusa Tenggara Timur, antara lain: Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral,Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda, dan PerguruanTinggi.

 

 

Acara dibuka oleh Kepala Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan yang diwakili oleh Kepala Bidang Geologi Teknik, Dr. Ir. M. Wafid AN, MSc dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral PropinsiNusa Tenggara Timur, Ir. Dani Suhadi.Dalam sambutannya Kepala Pusat menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan kegiatan peningkatan wawasan aparat di daerah melalui transfer knowledge dalam bentuk peningkatan pengetahuan dan peraturan untuk penguatan kelembagaan guna menunjang tupoksi terkait tata ruang sektor ESDM di daerah. Sementara dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas terselenggaranya kegiatan Bimtek ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk dapat digunakan dalam membantu meningkatkan wawasan dan kemampuan aparat di daerah dalam rangka mengatasi permasalahan kegeologian di daerah dan bisa diselenggarakan lagi di masa mendatang dengan permasalahan yang berbeda.Pada kesempatan ini juga disampaikan kenang-kenangan /cinderamata secara simbolis dan publikasi dari Kepala Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan kepada Kepala Dinas ESDM Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Tema yang diambil dalam Bimtek ini adalah “Geologi Lingkungan untuk Mendukung Penataan Ruang” yang merupakan tema yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai tambahan wawasan dan bahan diskusi oleh  para peserta. Tema tersebut dipilih dengan pertimbangan agar dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi parastakeholder dalam menangani permasalahan geologi teknik di daerah Nusa Tenggara Timur.Paparan presentasi disampaikan oleh beberapa narasumber yang menampilkan materi Permasalahan Geologi Teknik di Daerah oleh Danny Suhadi, ST dari Dinas ESDM Propinsi Nusa Tenggara Timur, Implementasi Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral dalam Tata Ruang oleh Ir. Adang P Kusuma, M.Sc, Kawasan Lindung Geologi dalam Penataan Ruango leh Ir. Oki Oktariadi, M.Sc dan Geologi Lingkungan dalam Perencanaan Tata Ruang oleh Ir.Dikdik Riyadi, Msc.

Dalam kegiatan ini juga ditampilkan pameran berisi poster-poster kegiatan penyelidikan geologi lingkungan, geologi teknik dan air tanah di Propinsi Nusa Tenggara Timur.Selain itu juga dibagiakan buku-buku publikasi Badan Geologi mengenai geologi teknik, geologi lingkungan dan air tanah kepada para peserta sebagai sarana penyebar luasan informasi kepada masyarakat

Para peserta memberikan tanggapan yang cukup positif mengenai penyelenggaraan kegiatan Bimte kini dan menganggap bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagaia parat di daerah. Saran/masukan diberikan dari para peserta Bimtek agar kegiatan semacam ini dapat diselenggarakan lagi di Nusa Tenggara Timur dengan tema dan permasalahan yang lain. Kegiatan ini dapat dijadikan forum komunikasi/koordinasi antar Pemerintah Pusatdan Daerah sekaligus untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan Teknik aparat pemerintah di daerah terutama dalam bidang geologi.

Kontributor berita: Andri Muttaqien dan Sarwondo PAG