hit
                counter
Badan Geologi - Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan

Berita Forum Diskusi Ilmiah Tentang Likuifaksi (Air Tanah)

Forum diskusi ilmiah yang bertema tentang air tanah diselenggarakan di Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan. Forum Diskusi ini menampilkan dua orang narasumber, yaitu Ir. Suhari, MSc. dan Yuliana Ginting, ST dengan moderator Kepala Bidang Air TanahWahyudin, ST MT. Forum ini merupakan kegiatan diskusi rutin sebagai sarana peningkatan wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai topik ilmiah dan aktual.

Suhari menyajikan paparan mengenai Prediksi Tingkat Pencemaran Air Tanah Dangkal Bandung, Jawa Barat. Paparan ini merupakan hasil telaah atau kajian terhadap penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, yaitu dengan menggabungkan hasil penelitian potensi kerentanan air tanah dengan metode DRASTIC di daerah Bandung yang pernah dilakukan oleh Samsul Hadi, 2006 dengan sumber pencemar yang diformulasikan dari peta tataguna lahan.Konsep atau model yang dibangun ini belum dilakukan verifikasi melalui pengukuran atau pengambilan sampel air tanah di lapangan. Walaupun cukup sederhana namun gagasan model ini sangat bermanfaat diharapkan dapat dilakukan validasi, disempurnakan dan dikembangkan untuk lokasi lain.

Narasumber kedua Yuliana Ginting menyajikan paparan Net Recharge Dependence on Land Cover. Paparan ini merupakan hasil penelitian Tesis S2 di ITC.Studi yang dilakukan ini mengkaji atau membandingkan tentang net recharge pada berbagai tutupan lahan atau landcover.

Sumber berita: Sarwondo dan Andri Muttaqien, PAG