hit
                counter
Badan Geologi - Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan

Berita Badan Geologi Berpartisipasi Dalam Pameran Pekan Wisata Nasional 2013

Badan Geologi berpartisipasi pada kegiatan Pameran PekanWisata NasionalTahun 2013 yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang digagas oleh beberapa kementerian, yang dikoordinir oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.Kegiatan ini diselengarakan pada tanggal 2 – 5 Mei 2013 bertempat di Jogja Expo Center, Yogyakarta.Sekitar 50 stand yang memamerkan hasil produk-produk unggulan yang berasal dari Pemerintah Kota, BUMN, BUMD dan Perusahaan swasta. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya promosi potensi ekonomi dan sumberdaya alam untuk meningkatkan kunjungan wisata dan investasi di daerah.

Badan Geologi dengan visinya “Geologi Untuk Perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat”tergabung dalam satu stand pameran untuk melakukan penyebarluasan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Stand Badan Geologi dalam pameran kali ini menampilkan poster dan foto-foto hasil-hasil kegiatan penyelidikan dan inventarisasai geologi dari Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan dan Pusat Sumber Daya Geologi yang berkaitan dengan potensi sumber daya alam dan pariwisata di Indonesia, antara lain: museum, keunikan kawasan bentang alam karst, geopark,penyediaan sarana air bersih, potensi mineral dan panasbumi. Selain itu juga ditampilkan poster yang mengandung tema pendidikan, seperti komik asal usul air tanah dan penghematan air tanah.

Pengunjuang pameran yang hadir di Stand Badan Geologi berasal dari berbagai kalangan dan beragam lata rbelakang pendidikannya, antara lain: pegawai instansi pemerintah atau swasta,guru, mahasiswa, pelajar, karyawan, LSM dan masyarakat umum.Umumnya mereka cukup antusias untuk memperoleh informasi di stand pameran. Para pengunjung tertarik untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi geologi di daerahnya untuk menambah pengetahuan dan wawasan.Sedangkan para pengunjung dari praktisi pariwisata umumnya tertarik untuk mengetahui informasi potensi wisata geologi, seperti museum, geopark dan kawasan bentang alam karst.Saatpameranjugadibagikan souvenir danbuku-buku publikasi Badan Geologi kepada pengunjung sebaga isarana penyebarluasan informasi kepada masyarakat.Secara keseluruhan pelaksanaan pameran ini cukup sukses dalam rangka upaya penyebarluasan informasi dan hasil kegiatan kepada masyarakat yang ditandai dengan antusiasme pengunjung ke Stand Badan Geologi.

Sumber: Andri Muttaqien dan Sarwondo, PAG